Gebrakan terkini yang dilakukan oleh dunia pendidikan Indonesia tahun 2021 di tengah-tengah masa pandemi Covid 19 dengan meluncurkan program terbaru yaitu Sekolah Penggerak. Program Sekolah Penggerak (PSP) diluncurkan untuk memantapkan langkah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi mewujudkan percepatan digitalisasi sekolah, sehingga dunia pendidikan Indonesia semakin mampu bersaing di era Revolusi Industri 4.0, era dimana mengedepankan transformasi pengintegrasian dunia online dengan internet sebagai salah satu penopang utama.

Kehidupan pendidikan Indonesia pada masa pandemi ini memaksa masuk dalam pendidikan yang dilakukan secara online, mengedepankan pelbagai macam aplikasi pembelajaran online, dan tidak dipungkiri bahwa jaringan internet sebagai penopang utamanya. Maka, pendidikan di Indonesia harus berbenah sehingga mampu mengikuti dengan selaras percepatan dunia yang telah tergulung dalam sistem jaringan global. Di satu sisi dunia pendidikan merupakan bagian terpenting untuk mempertahankan karakter bangsa di tengah gerusan budaya modern dunia yang semakin cepat dan transparan. Bagaimana pendidikan mampu menanamkan nilai-nilai luhur bangsa sehingga generasi yang mencari ilmu tidak kehilangan karakter dasar mereka.

Dasar inilah yang menjadi tujuan dari Program Sekolah Penggerak yaitu upaya-upaya untuk mewujudkan visi Pendidikan Indonesia dalam mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya Pelajar Pancasila. Focus program pada pengembangan hasil belajar siswa secara holistik yang mencakup kompetensi (literasi dan nymerasi) dan karakter, diawali dengan sumber daya manusia yang unggul yaitu kepala sekolah dan guru. Mengapa diawali dengan SDM kepala sekolah dan guru yang unggul? Hal ini untuk mewujudkan perlu adanya hubungan yang setara antara kepala sekolah dan guru dalam menciptakan program sekolah yang mendukung pembelajaran yang berpartisipasi aktif dalam menciptakan ekosistem pembelajaran yang mandiri dan relevan.

Kepala Sekolah Menengah Kristen 1 Harapan (SMP K 1 Harapan) Ibu Ir. Ni Nyoman Serayawati, MM., menyadari bahwa kompetensi sekolah harus bisa menciptakan ekosistem pembelajaran yang mandiri dan relevan ditengah persaingan pendidikan di kota Denpasar. Menurut penuturan beliau, mengapa mengikuti Program Sekolah Penggerak untuk SMP K 1 Harapan tidak lain mendapatkan manfaat-manfaat seperti peningkatan hasil mutu pendidikan dalam kurun waktu 3 tahun, percepatan digitalisasi sekolah khususnya untuk SMP K 1 Harapan, bagaimana siswa SMP K 1 Harapan bisa terbentuk menjadi Profil Pelajar Pancasila, sekolah berkesempatan untuk menjadi katalis perubahan bagi satuan pendidikan lainnya, adanya peningkatan kompetensi kepala sekolah dan guru dengan adanya pendampingan intensif untuk transformasi pendidikan sehingga pembelajaran di SMP K 1 Harapan menuju pembelajaran paradigma baru dengan konsep merdeka belajar. Kedepannya SMP K 1 Harapan memiliki kepala sekolah yang tak hanya bisa mengatur operasional suatu sekolah, melainkan juga bisa mengerti proses pembelajaran siswa dan menjadi mentor untuk guru-guru di sekolah. Ekosistem pembelajaran yang berpihak pada siswa dengan memiliki guru yang mengerti setiap anak berbeda dan memiliki cara pengajaran yang berbeda, serta mewujudkan profil siswa yang berakhlak mulia, independent dan mandiri, punya kemampuan bernalar kritis, kreatif, gotong royong, dan punya rasa kebhinekaan dalam negara dan global.

Selanjutnya harapan dari Ibu Serayawati sebagai kepala SMP K 1 Harapan, dengan bergabungngnya SMPK 1 Harapan dalam program sekolah penggerak dapat meningkatkan 3 kompetensi siswa dan mutu Pendidikan dapat ditingkatkan. Untuk mencapai proses tersebut SMP K 1 Harapan harus mengikuti program pelatihan dan pendampingan secara berkelanjutan dalam program In House Training (IHT), BimTek, Lokakarya yang diselenggarakan oleh PPPPTK Penjas dan BK yang menyediakan pendamping ahli. Di samping program tambahan yang harus dilakukan oleh sekolah terutama guru yang mengajar di kelas penggerak yang disebut sebagai Komite Sekolah Penggerak menggunakan aplikasi platform Merdeka Belajar sehingga tuntunan penguasaan kurikulum Sekolah Penggerak semakin dikuasai. Sebagai Sekolah Penggerak maka SMP K 1 Harapan juga terlibat dalam program pemerintah mengenai Program Agen Perubahan untuk Program Pencegahan dan Kekerasan Berbasis Sekolah Jenjang SMP untuk mewujudkan Profil Pelajar Pancasila yang menjadi tujuan dari Sekolah Penggerak.
Melalui Program Sekolah Penggerak, bersama kita wujudkan SMP K 1 Harapan menghasilkan generasi penerus bangsa yang berkarakter mulia, berkompetensi, dan berkualitas untuk mantap berjuang dalam era persaingan global menuju masa depan gemilang. (Princes)